Pengertian Dan Fungsi NIC(Network Interface Card)

Berbicara mengenai NIC (Network Interface Card), maka tidak akan jauh dari pokok bahasan jaringan. NIC merupakan salah satu alat yang berguna pada jaringan komputer. Jaringan komputer memang cukup rumit untuk dipahami oleh orang awam. Jangankan berbagai perangkat yang ada pada jaringan, fungsi dan cara kerja dari jaringan saja pada dasarnya cukup rumit untuk dipelajari. Meskipun cukup rumit, namun kali ini, Saya akan mencoba untuk membagikan sedikit informasi mengenai salah satu alat jaringan yang bernama NIC.

Apakah NIC itu? Banyak sekali orang yang bertanya-tanya mengenai NIC beserta dengan kegunaan dari NIC. NIC pada dasarnya berfungsi sebagai Jembatan. maka pengertian NIC adalah sebuah kartu grafis yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. NIC bertugas untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan diatas media jaringan.

Fungsi NIC

  1. Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan
  2. Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
  3. Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer
Demikianlah tulisan mengenai Pengertian NIC dan Fungsi NIC yang dapat saya bagikan untuk Anda. Semoga dengan membaca tulisan yang singkat ini, Anda dapat lebih memahami mengenai NIC beserta dengan fungsi-fungsinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Fungsi Repeater

Pengertian Dan Fungsi Bridge