Pengertian Dan Fungsi Bridge

Berbicara mengenai Bridge, maka tidak akan jauh dari pokok bahasan jaringan. Bridge merupakan salah satu alat yang berguna pada jaringan komputer. Jaringan komputer memang cukup rumit untuk dipahami oleh orang awam. Jangankan berbagai perangkat yang ada pada jaringan, fungsi dan cara kerja dari jaringan saja pada dasarnya cukup rumit untuk dipelajari. Meskipun cukup rumit, namun kali ini, Saya akan mencoba untuk membagikan sedikit informasi mengenai salah satu alat jaringan yang bernama Bridge.

Apakah Bridge itu? Banyak sekali orang yang bertanya-tanya mengenai Bridge beserta dengan kegunaan dari Bridge. Bridge pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris ‘Bridge’ yang berarti Jembatan. Jika diartikan dari suku kata, maka Bridge dapat diartikan sebagai Penghubung, ataupun jika disempurnakan dalam sebuah bahasa, maka Bridge merupakan alat yang berguna untuk menghubungkan tipe jaringan komputer yang berbeda.

Jika dikaji secara bahasa teknis, maka pengertian Bridge adalah suatu alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local Area Network) dengan jaringan LAN lain. Bridge dapat menghubungkan tipe jaringan komputer berbeda-beda (misalnya seperti Ethernet & FastEthernet), ataupun tipe jaringan yang sama.

Alat ini bekerja pada data link layer model OSI (Open System Interconnection), karena itu bridge dapat menyambunkan jaringan komputer yang memakai metode transmisi atau medium access control yang berbeda. Bridge juga adalah alat yang bisa mempelajari alamat link yang ada pada setiap perangkat yang terhubung dengannya dan uga mengatur alur frame berdasarkan alamat tersebut.

Fungsi Bridge

     1. Penghubung 2 jaringan sejenis

Dengan menggunakan alat ini kita dapat  menghubungkan 2 buah jaringan komputer LAN yang sejenis, sehingga dapat memiliki satu jaringan LAN yang lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa bridge.

    2. Penghubung 2 atau beberapa jaringan yang berbeda

Dengan menggunakan alat ini kita dapat menghubungkan beberapa jaringan komputer yang terpisah, baik itu tipe jaringan yang sama maupun yang berbeda

     3. Router / Bridge-Router

Bridge juga dapat berfungsi sebagai router pada jaringan komputer yang luas, hal seperti ini sering dinamakan dengan istilah “Bridge-Router”. Lalu bridge juga dapat men-copy frame data yaitu dari suatu jaringan yang lain, dengan alasan jaringan itu masih terhubung. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya dari bridge.

Demikianlah tulisan mengenai Pengertian Bridge dan Fungsi Bridge yang dapat saya bagikan untuk Anda. Semoga dengan membaca tulisan yang singkat ini, Anda dapat lebih memahami mengenai Bridge beserta dengan fungsi-fungsinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Fungsi Repeater

Pengertian Dan Fungsi NIC(Network Interface Card)